Headlines News :
Home » » Sering Dianggap Remeh, Ini Manfaat Rutin Berjalan Kaki bagi Kesehatan

Sering Dianggap Remeh, Ini Manfaat Rutin Berjalan Kaki bagi Kesehatan

Written By Info Breaking News on Minggu, 01 Oktober 2023 | 11.18


Jakarta, Info Breaking News
- Meski banyak orang yang terbiasa berjalan kaki, namun manfaat olahraga ringan ini kerap diabaikan.

Jika dilakukan secara rutin, kegiatan berjalan kaki sebenarnya memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti pengurangan berat badan dan perlindungan jantung, terutama jika dilakukan secara rutin selama minimal 30 menit setiap hari. 


Meskipun sering dipandang sebelah mata jika dibandingkan dengan olahraga lain seperti jogging atau bersepeda, penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki memiliki dampak positif yang signifikan pada kesehatan.


Lantas, apa saja manfaatnya?


1. Menjaga kesehatan jantung


Kegiatan berjalan kaki bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular. Dengan berjalan kaki, Anda meningkatkan denyut jantung dan sirkulasi darah di dalam tubuh, serta memperkuat jantung.

Namun, bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk mengetahui durasi jalan kaki yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.


2. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah


Tak hanya mencegah penyakit jantung, jalan kaki juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kestabilan tekanan darah. Hal ini tentunya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.


3. Menurunkan berat badan


Manfaat yang satu ini kerap jadi alasan mengapa banyak orang yang memutuskan untuk rutin berjalan kaki. Tak hanya membuat tubuh makin sehat, kegiatan ini juga dapat membantu Anda mengontrol berat badan. 


Dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, Anda bisa membakar setidaknya 150 kalori. Semakin cepat langkah kaki Anda, semakin banyak pula kalori yang terbakar. 


Berjalan kaki juga aman dilakukan bagi para Ibu yang ingin mengecilkan perut pasca melahirkan. Namun, perlu diingat bahwa berjalan kaki saja tidak cukup. Anda perlu mengimbanginya dengan pola makan yang sehat.


4. Mencegah diabetes tipe 2


Olahraga ringan, termasuk jalan kaki, dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga 50 persen. Hal ini lantaran jalan kaki dan olahraga lainnya dapat memicu kerja otot sehingga mampu meningkatkan penyerapan glukosa.


5. Menjaga Kesehatan Mental


Tak hanya manfaat kesehatan fisik, olahraga ringan seperti jalan kaki juga berguna bagi kesehatan mental karena mampu mengurangi dan mencegah stress. Ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi rasa cemas dan depresi. 


Selain itu, jalan kaki juga membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus serta membuat tidur jadi lebih nyenyak.


6. Memperkuat daya tahan tubuh


Jalan kaki secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit infeksi. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang berjalan kaki selama 30–45 menit setiap harinya, akan lebih jarang sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak olahraga.


7. Mencegah keropos tulang atau osteoporosis


Osteoporosis terjadi ketika tulang mengalami penipisan sehingga menjadi mudah patah. Untuk mencegahnya, Anda dapat rutin berjalan kaki setiap hari, bahkan kegiatan ini juga dapat dikombinasikan dengan hiking atau jogging.


Selain menjaga kesehatan tulang, jalan kaki juga membantu meredakan nyeri sendi, meningkatkan energi, dan memperkuat otot. 


Terakhir, berjalan kaki memang memiliki segudang manfaat apalagi jika rutin dilakukan. Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang menghambat aktivitas jalan kaki, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mencari alternatif olahraga yang sesuai. ***Nadya


Dapatkan berita aktual lainnya, hanya tinggal klik Beranda di bawah ini.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Featured Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved